Rabu, 16 Desember 2009

"lampu lava" dengan prinsip berbeda


masih berhubungan dengan postingan sebelumnya, kali ini akan dibahas mengenai percobaan lampu lava yang bisa dibuat dengan bahan sederhana....

bahan yang di gunakan:
  1. botol bekas
  2. minyak sayur
  3. air
  4. pewarna makanan
  5. tablet alka-seltzer (sejenis tablet vitamin yang berdesis ketika dimasukkan ke dalam air, bisa diganti dengan tablet vitamin c yang lain)


cara membuat:
  1. isi botol dengan minyak sayur sampai hampir penuh
  2. kemudian, masukkan air ke dalam botol (air akan berada di dasar botol)
  3. teteskan pewarna makanan (warna apa saja)
  4. masukkan tablet alka-seltzer (sehingga tablet turun dan tercampur dengan air)
  5. "lava" akan berputar-putar di dalam botol

apa yang terjadi....

ketika tablet alka seltzer terkena air, maka akan bereaksi dan menghasilkan gelembung karbon dioksida (sama halnya ketika kita mencampur cuka dengan soda kue). gelembung karbon dioksida tersebut membuat air pada dasar botol terangkat ke atas. ketika sampai ke permukaan, gas karbon dioksida terlepas dan menyebabkan air yang tadinya berada di atas, menjadi turun kembali ke dasar botol. percobaan ini bisa diulang tergantung banyaknya tablet yang dimasukkan.....

meskipun percobaan ini cara kerjanya berbeda dengan lampu lava yang memanfaatkan panas, tetapi percobaan ini memberikan efek yang hampir sama dengan lampu lava....
jadi...selamat mencoba...!

19 komentar:

  1. menyenangkan ya...eksperimen sederhana dengan bahan yang ada di sekitar kita, tapi hasil eksperimennya menakjubkan.....salam.

    BalasHapus
  2. waduh... pusing gak mas ngerjainkaya gtuan??hhe

    BalasHapus
  3. ooo.. pake vitamin c ya..
    tp klo vitamin c nya udah larut ngga bisa naek lg dong yah minyak nya..

    BalasHapus
  4. Bro,good job, mau coba jadi mcgyver ya? :D,posting juga yang lain dunk,yang berguna buat kehidpan sehari-hari n bahannya juga gampang didapat.thanks

    BalasHapus
  5. @sapisays

    ini percobaan versi berbeda dari lampu lava yang asli...makanya menggunakan bahan "rumahan"...
    makasih ya udah mau komentar...

    BalasHapus
  6. @Mif on the duty...

    makasih ya masukannya...akan dipikirkan...

    BalasHapus
  7. kira2 ada ngga pengganti vitamin c nya? biar bisa muter2 terus itu lava nya hehe..
    sapi pengen coba tp bli minyak yg murmer dimana ya hehe..
    minyak goreng mahal skrg :D ( ktauan sering muter2 supermarket ) :P

    BalasHapus
  8. hmm asik nih klo ngelakuin eksperimen2 kaya gini ya sob, aku juga jadi kangen eksperimen alat2 elektronik dai papan PCB buat komponen elektronik dirumah. thank ya sob infonya

    BalasHapus
  9. KREATIF buanget sih...........oya aku lgi pusiiiiiing nih cz ada tugas buat alat eksperimen fisika........bisa g' ksih tahu kira2 apa yg bagus yang sederhana yang harus aku buat.thanks ya........

    BalasHapus
  10. wah kalo saya dulu ga pke vitamin c begituan, tapi pake garem atau pasir aj.Sukses sih cm reaksinya cuma bentar.He5x
    http://joyhomework.wordpress.com

    BalasHapus
  11. nice info, follow balik yahh

    BalasHapus
  12. Subhanallah... Luar biasa kreatif.

    Eksperimen sains selalu memberikan genergi baru. Harapan baru bagi ide-ide kreatif lainnya.

    Sukses dan tetap semangat.

    BalasHapus
  13. @joyhomework...
    makasih udah mau mampir...

    BalasHapus
  14. @aldi...
    terimakasih...sudah di follow balik...

    BalasHapus
  15. @bung jamil...
    alhamdulillah...semoga bisa dijadikan inspirasi bagi yang membacanya..
    terimakasih...

    BalasHapus
  16. @mawardi
    terimakasih sudah mau mampir dan comment..

    BalasHapus
  17. bleh nanya

    katanya sihh bisa pake garam

    trs ad yang bilang pake soda kue

    BalasHapus
  18. aq g' nyangka trnyta ssuat yg sdrhna bs jd mnkjbkn kyk gni . . trim's ats pngthuanx yg mnkjbkn . . .

    BalasHapus

jangan lupa comment ya.....

 
Monsterilmiah ◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates